Produk Market Fit - Validasi Ide Bisnis

Jika bisnis/jualan kita memiliki repeat order atau retention rate yang tinggi, artinya ide bisnis kita sudah sesuai dengan kebutuhan customer. Walaupun begitu, kita juga harus memastikan apakah ide bisnis kita punya peluang kuat untuk bertahan dalam jangka panjang. Untuk itu, ada beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu agar repeat order atau retention rate perusahaanmu meningkat.
1. LAKUKAN RISET PASAR
(Buat yang ketinggalan pembahasan tentang riset pasar, silahkan lihat berikut ini)
Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Meningkatkan Akurasi Riset Pasar
Tidak bisa dipungkiri, riset pasar memegang peranan terpenting dalam validasi ide bisnis.
Walaupun begitu, riset pasar memiliki kekurangan dalam memvalidasi ide bisnis.
Contohnya ketika kita memberikan survey ke calon customer, jawaban yang mereka berikan hanya jawaban logis. Artinya saat calon customer mengatakan ingin membeli produkmu, masih besar kemungkinan dia tidak jadi membeli produkmu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui respons pasar secara real agar ide bisnismu lebih valid.
2. MENJUAL PRODUK DENGAN JUMLAH SEDIKIT
Dalam dunia start up, membuat MVP (Minimum Viable Product) adalah cara untuk mengetahui respons pasar. Tapi buat kamu yang menjual produk fisik, untuk mengetahui respons pasar, kita harus memasarkan produk kita dengan jumlah yang sedikit. Ada baiknya memberikan diskon atau jika mungkin, berikan secara gratis ke target pasarmu dengan meminta feedback dari mereka.
Walaupun rugi, tapi cara ini cukup ampuh untuk mengetahui apakah produkmu sesuai dengan kebutuhan target pasar.
3. TENTUKAN HARGA PRODUK
Setelah mendapat respons positif dari target pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan harga produk yang sesuai. Saat melakukan riset pasar, setidaknya ada beberapa insight yang kamu dapat mengenai harga produk yang sesuai dengan target pasar. Dengan begitu, kamu bisa menyeimbangkan value produkmu dengan harga yang mampu dibayar target pasarmu. Kamu bisa juga membuat bundle item atau paket dengan harga lebih murah untuk menarik minat target pasar.
4. MULAI PASARKAN SECARA BERTAHAP
Seperti yang dibahas dikonten sebelumnya, riset pasar adalah proses yang dilakukan berulang kali. Jangan karena beberapa respons positif membuat kita gegabah mengeluarkan uang untuk memasarkan produk secara masif.
Mulailah pasarkan produk kepada target pasar secara bertahap. Lalu perlahan mulailah memperlebar target pasar dengan meneliti target pasar potensial lain. Dan jangan lupa untuk terus mempertimbangkan value lain yang bisa melengkapi produkmu.
Nah gimana ?. Udah paham cara validasi bisnis yang benar ?.