Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Meningkatkan Akurasi Riset Pasar

Lakukan 5 Langkah Ini Untuk Meningkatkan Akurasi Riset Pasar

Bukan hal yang mudah melakukan riset pasar. Bahkan seorang researcher berpengalaman pun bisa saja melakukan kesalahan fatal.

Walaupun begitu, kita tetap harus berusaha melakukannya untuk meningkatkan peluang bisnis kita.

Satu hal yang perlu kamu ingat, riset pasar bukanlah proses yang sekali saja dilakukan.

Riset pasar adalah proses yang berulang dan harus terus dievaluasi. Untuk itu, dibutuhkan kesabaran dalam melakukannya.

Nah. jika sudah siap, langsung geser ke sebelah untuk memulai langkah pertama

1. MENCARI PERMASALAHAN YANG INGIN DISELESAIKAN

Tentukan permasalahan yang spesifik agar instrumen penelitianmu lebih terarah.

Jika bisnismu punya lebih dari satu masalah, maka prioritaskan permasalahan yang lebih mendasar.

Misalnya kamu bingung apakah solusi bisnismu sudah sesuai dengan kebutuhan customer. Sementara itu, kamu juga bingung bagaimana cara memasarkan produkmu.

Jika seperti ini, maka riset terhadap solusi bisnismu bagusnya dilakukan lebih dahulu. Karena permasalahan itu adalah hal yang lebih mendasar dibandingkan permasalahan marketingmu

2. MENENTUKAN SAMPLE PENELITIAN

Riset pasar pada dasarnya mengumpulkan dan menganalisa data dari calon customer, atau orang yang menjadi target pasar kita.

Oleh karena itu, sample penelitian kita adalah siapa saja yang memiliki permasalahan yang cocok dengan solusi bisnis kita.

Misalnya jika kamu adalah freelance content writing, maka sample yang cocok adalah pebisnis yang memiliki waktu terbatas untuk membuat konten, atau perusahaan yang membutuhkan ulasan produknya.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah dibanding fokus pada jumlah sample, lebih baik fokus pada seberapa "relate"nya mereka terhadap bisnismu.

3. MENYUSUN INSTRUMEN PENELITAN

Setelah sample penelitianmu ditentukan, maka kamu juga harus menentukan cara mendapatkan data dari mereka.

Bisa dengan bertanya langsung, membuat survey, berdiskusi, menggunakan jasa riset, atau dari instansi penelitan seperti universitas.

Yang terpenting, gunakan caption yang berfokus pada inti dari permasalahan yang ingin kamu cari tau.

4. MENGUMPULKAN DATA RISET

Setelah instrumenmu sudah siap, hal penting selanjutnya adalah cara menyampaikan risetmu ke sample penelitianmu.

Jangan sampai bahasamu memberikan survey membuat mereka tidak mau meluangkan waktu mengisi surveymu.

Kamu bisa juga memberikan reward pada mereka yang mengisi surveymu.

5. MENGANALISA DAN MELAKUKAN TINDAKAN

Setelah data terkumpul, saatnya menganalisa data.

Untuk itu, kamu harus objektif dan memfilter data untuk mengurangi rasio eror.

Jika menurutmu hasil risetnya masih ambigu, jangan ragu untuk melakukan riset ulang agar kamu bisa memberikan solusi bisnis yang lebih pas untuk customermu

Gimana ?. Udah paham langkah-langkah riset pasar ?. Yuk langsung dieksekusi idenya 🙂.

Biar gak cuman lewat di kepala doang idenya.

Subscribe E-mail untuk mendapatkan info konten seputar bisnis dan marketing

Kunjungi kami di

© 2022