3 Tips Membangun Brand Yang Kuat

3 Tips Membangun Brand Yang Kuat

Saat kita melihat gambar apel yang digigit, kemungkinan besar kita akan teringat dengan brand app*e. Itu artinya, brand tersebut adalah brand yang kuat karena melekat pada ingatan banyak orang.

Pertanyaannya, apa rahasia yang membuat sebuah brand menjadi sangat disukai oleh customer ?

Menurut Sasha Strauss, setidaknya ada 3 hal yang harus dilakukan untuk membangun brand yang kuat.

Apa saja itu ?. Simak dibawah ini yah

1. Fokus Pada Satu Topik Brand

Seperti Zappos yang menjual sepatu tapi sangat berfokus pada Customer Service mereka, topik brand pada dasarnya tidak harus berhubungan dengan produk yang kita jual.

Simpelnya, topik brand yang bagus adalah topik yang membuat calon customer menjadi penasaran.

Contoh brand dengan topik dan kategorinya masing masing :

Zappos - Kategori produk: Sepatu - Topik brand: Customer Service
Apple - Kategori produk: Laptop, hp, dan perangkat gadget lain - Topik brand: Desain
Nike - Kategori produk: Sepatu - Topik brand: Olah raga
Patagonia - Kategori produk: Pakaian outdoor & perlengkapan olah raga - Topik brand: Lingkungan
Tom Shoes - Kategori produk: Sepatu - Topik brand: Kemiskinan

2. Bangun Belief System

Misalnya Tony Hsieh (CEO Zappos) yang berpendapat bahwa kepuasan pegawai adalah hal yang prioritas. Dengan begitu, mereka secara otomatis akan memberi kepuasan pada customer melalui customer service mereka.

Pendapat inilah yang menjadi landasan culture dari Zappos.com sekaligus Belief System mereka yang akhirnya memberikan hasil yang luar biasa.

Cara Zappos.com Memperoleh Loyalitas Dari Customer

Singkatnya, Belief System adalah apa yang kita percayai mengenai topik brand kita.

Dan dengan memiliki Belief System, brand kita bisa memiliki ikatan emosional dengan customer.

3. Sell On Value Rather Than Price

Setelah memiliki Topik brand dan Belief System, brand kita jadi punya value yang kuat sehingga kita tidak perlu bergantung pada promo dan diskon hanya untuk menarik customer.

Dan yang paling utama, value yang kuat dapat menjadi magnet sehingga customer menjadi loyal pada brand kita.

"A brand is a combination of a topic that your audience is curious about and a Belief System that intersects it" - Sasha Strauss

Nah itulah 3 tips penting mengenai cara membangun brand yang kuat agar bisnis kita dapat berkembang dan memiliki customer yang loyal.

Jika kamu suka dengan tulisan kami, jangan lupa dishare ya.. Ikuti juga akun social media kami untuk mengetahui update terbaru dari kami. Terima kasih telah membaca :)

Subscribe E-mail untuk mendapatkan info konten seputar bisnis dan marketing

Kunjungi kami di

© 2022